GUNUNG PUYUH  - Sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) melakukan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Cut Nyak Dhien di  Gunung Puyuh, Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan, Selasa (10/11/2020). Ziarah makam ini dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November.

Dalam melakukan ziarah ini, mereka memanjatkan doa secara khusyu dengan didampingi kuncen tepat di sekitar makam Cut Nyak Dhien selama beberapa menit. Kemudian mereka juga silih berganti melakukan tabur bunga ke makam pahlawan wanita yang berjuang melawan Belanda pada masa Perang Aceh itu. "Sejarah mencatat, pahlawan asal Aceh (Cut Nyak Dhien) dibuang oleh Belanda dan dikebumikan di tanah Parahyangan Sunda, di Kabupaten Sumedang," ujar Anggota Komisi I DPR Aceh, Bardan Sahidi.

Menurutnya, sejarah ini tidak boleh dilupakan oleh semua generasi muda karena sosok Cut Nyak Dhien sangat inspiratif khususnya bagi semua masyarakat Aceh, dan umumnya rakyat Indonesia hingga dunia. "Karena pada zamannya, dengan segala keterbatasan (Cut Nyak Dhien) masih mengumandangkan kemerdekaan dari penjajah Belanda," katanya.

Dengan melihat sejarah itu, kata Bardan, semangat juang Cut Nyak Dhien akan terus tumbuh, selalu ada dan bakal tetap menjadi inspiratif untuk semua anak muda di seluruh wilayah Indonesia. "Makanya, kami dari Anggota Komisi I DPR Aceh berkesempatan berziarah dalam rangka Hari Pahlawan Tahun 2020 dan yang menjadi obyek kunjungan kami adalah tanah Sumedang di Jawa Barat," kata Bardan.

Anggota Komisi I DPR Aceh lainnya, Darwati Agani mengatakan, dengan adanya pahlawan asal Aceh Cut Nyak Dhien ini, baginya merupakan suatu kebanggan, terutama bagi kaum perempuan. "Sehingga kita sudah sepatutnya mencontoh apa yang sudah beliau lakukan, perempuan juga harus hadir dalam mengisi pembangunan," katanya.

Semua anggota DPRA ini sengaja berziarah ke Makam Cut Nyak Dhien setelah sebelumnya mereka ada kegiatan dinas kunjungan kerja ke Kota Bandung. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)