Anggota GOW Semangat Ikut Pelatihan Produktivitas


Baca juga : Ikatan Istri Dokter Berulang Tahun
Pemuda OTD Jatigede di Darmaraja Dilatih Servis Ponsel


PKK - Pemerintah Kabupaten Sumedang berharap pelaksanaan pelatihan peningkatan produktivitas bagi anggota Gabungan Organisasi Wanita (GOW) yang digelar Kementrian Ketenagakerjaan RI bekerjasama dengan GOW Kabupaten Sumedang bisa dilaksanakan secara berlanjut.

Harapan tersebut dikatakan Asda Pembangunan H Hilman Taufik WS mewakili Bupati saat menutup kegiatan pelatihan Jumat (17/7/2020) di Sekretariat PKK. Apa yang telah didapat peserta selama mengikuti pelatihan bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya.  "Jika ada peluang usaha jangan disia- siakan,  manfaatkan kemampuan untuk mandiri dalam ekonomi tidak hanya selalu menunggu bantuan saja," kata Hilman.

Selama lima hari mulai Senin- Jumat, sebanyak 50 anggota GOW Kabupaten Sumedang mengikuti pelatihan produktivitas. Menurut para peserta waktu 5 hari untuk mengikuti kegiatan pelatihan dirasakan masih kurang sehingga berharap kegiatan tersebut bisa dilaksanakam secara berlanjut di waktu lain.  "Banyak sekali ilmu yang didapat para peserta, umumnya mereka senang dan menginginkan kegiatan serupa dilaksanakam kembali," jelas Ketua GOW Ny Hj Winny Hilman.

Ada beberapa pemateri dalam kegiatan pelatihan ini antaralain Rifwan Gumulya  yang menyampaikan tentang 5S, Seiri (ringkas ),  Seiton ( rapi), Seiso ( resik ), Seiketsu (rawat) dan Shitsuke ( rajin).  5S adalah sebuah pendekatan dalam mengatur lingkungan usaha ke arah lebih baik, yang pada intinya berupaya mengurangi kendala, sehingga tercipta lingkungan kerja yang efektif, efisien, dan produktif. "5 S ini berasal dari Bahasa Jepang, yakni Seiri (ringkas ),  Seiton ( rapi), Seiso ( resik ), Seiketsu (rawat) dan Shitsuke ( rajin),” katanya.

Pemateri lainnya Abdul Jabir Uksim dan Samsul Rahman yang telah menyemangati peserta untuk membuka diri dan membangunkan mental yang selama ini terlena dan menyalahkan keadaan, terlebih disaat pandemi, karena pendapatan yang menurun. "Kami selaku jajaran pengurus GOW Sumedang berharap apa yang telah didapat peserta bisa lebih mendorong produktivas mereka dalam menjalankan usaha sesuai bidangnya masing masing," kata Winny. (end)


GOW, pelatihan

Berita Terkait