SUMEDANGKAB.GO.ID, WADO- Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia(Apdesi) Kabupaten Sumedang siap menyosialisasikan upaya pencegahan penyakit DBD melalui gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), menyusul adanya Surat Edaran Bupati untuk menyosialisasikan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) diisekitar lingkungan masyarakat secara rutin dan berkala. PSN serentak akan dilaksanakan 14 Agustus 2020.

Sekretaris Apdesi Kecamatan Wado, Dede Suhendar menyebutkan, tindak lanjut pentingnya gerakan PSN akan disampaikan ke masing-masing desa.

"Dari hari ini kami berbagi informasi dengan para kades agar mengimbau semua warga di desa masing-masing membantu gerakan pemberantasan sarang nyamuk," ujar Dede, Selasa (11/8/2020).

Ia menyebutkan, langkah awal akan mengajak masyarakat untuk mengecek tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk seperti bak mandi, kubangan air dan tempat yang kurang bersih.

"Dalam rapat minggon desa memang kami selalu sampaikan terkait keharusan bersih-bersih mulai dari rumah. Apalagi sekarang ada surat edaran dari bupati," katanya.

Apdesi juga akan berkoordinasi dengan pihak Puskesmas terkait metode lain dalan gerakan PSN serta mengkoordinasikan ketersedian abate.

Sebelumnya, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengeluarkan Surat Edaran terkait upaya pencegahan meningkatnya kasus DBD di Kabupaten Sumedang yang berpotensi menimbulkan KLB dan wabah.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)