PENDOPO – Tatang Sobana dinobatkan menjadi Ketua Dewan Kebudayaan Sumedang (DKS) periode 2020-2025. Pensiunan PNS, penulis yang juga wartawan ini terpilih pada kongres kebudayaan Sumedang di Pendopo IPP, Selasa (28/10/2020).

Pada kongres tersebut Tatang Sobana mendapat suara terbanyak dengan jumlah 44 suara, kemudian di susul H.M Arisandi 10 suara dan H. Ade Gozali 2 suara.  Pada saat kongres yang memiliki hak suara adalah komunitas para pegiat budaya di seluruh kewilayahan Sumedang.  "Insya Allah bisa amanah mengemban menjadi ketua DKS periode 2020-2025," kata Tatang yang biasa  dipanggil Apih.

Menurutnya, setelah terpilih menjadi Ketua DKS pihaknya akan kembali melakukan penguatan budaya di Sumedang dengan menggandeng para pegiat budaya.  "Kami akan lakukan konsolidasi terlebih dahulu dan menginventarisir kendala dalam implementasi kebudayaan di Sumedang ini," katanya.

Apih Tatang mengatakan, keberadaan DKS tentunya harus jadi ujung tombak pelaksanaan program Sumedang Puseur Budaya Sunda (SPBS). Sehingga kedepan Sumedang benar-benar sebagai kabupaten yang maju dengan berbasis budaya. "Budaya juga akan terintegrasi dengan wisata. Semoga kami mampu menjaga dan mengembangkan budaya Sumedang," katanya.  (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)