Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

SINDANGRAJA - Aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Remaja Putri dan Ibu Hamil (SINURMI) secara resmi diluncurkan. Peluncuran aplikasi Sinurmi ini dilakukan disela acara Malam Refleksi 5 Tahun Kepemimpinan Dony-Erwan, di Ballroom Asia Plaza, Rabu malam, 20 September 2023.

Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman mengatakan, saat ini sudah 1000 jam tangan digital yang mendukung aplikasi SINURMI. "Alhamdulilah saat ini sudah ada 1000 jam tangan digital sebagai pendukung SINURMI ini, tinggal dibagikan ke para ibu hamil di Sumedang. Tapi akan kami latih dulu para kadernya," kata Herman.

Kemudian, pengadaan jam digital tersebut akan ditambah lebih banyak lagi tahun depan, yakni sekitar 7000 buah. "Tahun 2024 nanti akan kami tambah lagi 7000 jam tangan pintar ini. Terimakasih kepada PT Indosat dan PT Alita yang sudah mau bekerjasama dengan kami Pemda Sumedang," katanya.

Melalui aplikasi SINURMI, para pengguna mendeteksi secara langsung baik itu tekanan darah, detak jantung, saturasi, lokasi, jumlah langkah maupun lokasi ibu hamil.
"Jadi jika ada masalah pada ibu hamil bisa langsung terdeteksi dini, ada notifikasi melalui jam digital. Jadi kalau ada ibu hamil terganggu detak jantung dan tekanan darahnya akan langsung diintervensi oleh para pemburu ibu hamil," ujarnya.

Dengan SINURMI ini diharapkan tidak ada lagi anak stunting di Sumedang. "PR kami bagaimana tidak ada lagi new zero stunting. Dengan SINURMI mudah-mudahan kami bisa mencapai target tersebut," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)