BNN - Wakil Bupati H. Erwan Setiawan saat menjadi narasumber dalam Workshop Penggiat Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaraan Gelap Narkotika (P4GN) Instansi Pemerintah mengatakan ASN dilingkungan Pemkab Sumedang menjadi pelopor dan teladan bagi masyarakat dalam pemberantasan narkoba. Dalam acara yang Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sumedang di Safir City Park, Kamis (21/10/2021), wabup juga berharap Kabupaten Sumedang menjadi daerah zero Narkoba dengan terus mensosialisasikan bahaya Narkoba serta upaya pencegahan lainnya di semua tingkatan dan kalangan.

Selain itu, lanjut wabup, dibentuk pula Satgas/relawan anti narkoba sekaligus sebagai person in charge (PIC) untuk pelaporan rencana aksi nasional di setiap OPD serta berkoordinasi dengan BNN dan Kantor Kesbangpol Kabupaten Sumedang.

Sementara itu, Kepala BNN Sumedang Herry Sudrajat menyampaikan, workshop tidak hanya melibatkan komponen masyarakat, tetapi juga melibatkan seluruh elemen yang ada, mulai dari unsur Pemerintah Daerah termasuk sektor swasta.

"Hari ini kami melaksanakan kegiatan workshop untuk SKPD. Harapannya para pegiat anti Narkoba ini tidak hanya dari kalangan masyarakat saja, tetapi semua elemen termasuk pemda dan sektor swasta," katanya.

Khusus untuk masyarakat, kata Herry, BNN melaksanakan program Desa Bersinar di sepuluh desa dan kelurahan pada Tahun 2021.

"Ini merupakan satu rangkaian kegiatan yang masif. Untuk masyarakatnya punya Desa Bersinar. Salah satu outputnya adalah kades atau lurah membentuk Satgas Anti Narkoba untuk melaksanakan deteksi dini d wilayahnya masing masing,"tanbahnya. (edk)

(penerbit: sumedangkab.go.id)