Penulis: Endan Dodi Kusnaedi | Editor: Vera Suciati


CIPAMEUNGPEUK - Kelurahan Cipameungpeuk, Kecamatan Sumedang Selatan membagi-bagikan bibit tanaman sayuran kepada kader di 9 unit posyandu lingkungan pemerintahan Kecamatan Cipameungpeuk. Tujuannya agar para kader ini dapat menanamnya di lahan pekarangan posyandu sebagai upaya memanfaatkan lahan pekarangan. Penyerahan bibit tanaman sayuran secara simbolis dilakukan Lurah Cipameungpeuk, Yayat Sukarya, saat pertemuan kader posyandu di Kantor Kelurahan Cipameungpeuk, Rabu (21/9/2022).

Menurut Yayat upaya pemanfaafan pekarangan areal posyandu tersebut dilakukan dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan lingkungan. "Untuk teknis pananamannya silakan mau ditanam dalam polibag ataupun langsung ditanam ditanah disekitar posyandu," jelas Yayat, Rabu (21/9/2022).

Tentunya Yayatpum berharap para kader posyandu tidak hanya menaman 3 komiditi yang diberikan pihak kelurahan tetapi meliliki inisiatif juga untuk menaman tanaman lainnya. Melalui upaya ini setidaknya untuk keperluan akan sayuran ibu ibu kader posyandu dapat terpenuhi. Untuk memotivasi para kader posyandu dalam merawat tanaman, 9 posyandu ini akan dinilai dan dilombakan. "Jadi nanti kita lihat siapa yang paling bagus dalam mengembangkan dan merawat tanaman hingga menghasilkan," kata Yayat. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)