HhSUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menerima kunjungan pihak BIJB dan CKJT. Di Gedung Negara, Selasa (22/9/2020). Salahudin Rafi sebagai Direktur Utama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB) mengatakan bahwa suatu Bandara akan bangkit dari tempat wisata suatu daerah di sekitarnya. Semakin banyak tempat wisata yang bagus, akan semakin banyak kunjungan. 
Salahudin juga menjelaskan ada 3 elemen penggerak roda ekonomi yaitu,
menarik investor, visitor (berkunjung), penduduk (tinggal dan berkarya).
"Bandara akan semakin ramai jika tempat wisata disekitar bandara tertata luar biasa, Sumedang memiliki banyak potensi yang bagus meski perlu ditata lagi untuk lebih menarik," katanya. 
Kerja sama antara pemerintah Kabupaten Sumedang dengan BIJB berupa iklan di kursi pesawat yang ada dikertajati, seperti yang dijelaskan Salahudin. 
"Kami bekerja sama dengan pemda Sumedang, nantinya disetiap kursi pesawat akan ditampilkan wisata-wisata yang ada di Kabupaten Sumedang," tambahnya. 
Senada dengan hal tersebut, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengapresiasi setiap konsep gagasan yang disampaikan BIJB terkait pemasaran wisata Sumedang. Dony mengatakan bahwa pembangunan bandara harus berdampak terhadap perekonomian Sumedang.
"Konsep dan gagasan yang disampaikan untuk mengembangkan pariwisata Sumedang, ini dapat menjadi inspirasi dalam menata tempat wisata yang ada. Dengan didukung aksesibilitas yang baik seperti adanya tol dan bandara, sumedang in the future, bagaimana mengkoneksikan bandara yang harus memberi dampak ekonomi yang besar bagi Sumedang," kata Bupati. ***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)