CONGGEANG - Sebanyak 98 warga Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang menerima Bantuan Langsung Tunai ( BLT) Dana Desa ( DD) Selasa (19/5/2020).  Di Kecamatan Conggeang, Desa Cipamekar menjadi Desa pertama yang menyalurkan BLT DD bagi warga yang terdampak Covid 19.

Pemberian BLT secara simbolis dilakukan camat Conggeang Bambang Kustiantoro kepada lima orang perwakilan warga bertempat di GOR Desa Cipamekar. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Danramil  Conggeang Kapten Inf Dede Baharudin beserta para perangkat Desa Cipamekar.

Sekretaris Desa Cipamaker, Desi Rosiani mengatakan pemberian BLT yang dilakukan di GOR desa ini hanya simbolis sedangkan sisanya akan disalurkan langsung ke rumah penerima.  "Dalam hal pemberian ke rumah rumah akan dilakukan Kepala Dusun masing-masing bersama Kasi pemerintahan dan Babinsa Desa Cipamekar," kata Desi, Selasa (19/5/2920).

Data 98 warga penerima BLT DD tersebut berdasarkan dari 14 kriteria kemiskinan dari BPS dan berdasarkan 3 faktor kemiskinan menurut Kemendes RI. Pemberian BLT DD ini merupakan tahap pertama, atau Bulan April 2020. Pemberian BLT DD sendiri akan dibagikan tiga tahap, masing masing untuk tahap 1 Bulan April, tahap 2 Bulan Mei dan tahap 3 Bulan Juni 2020.

Danramil Conggeang Kapten Inf Dede Baharudin berpesan supaya bantuan ini dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, terutama kebutuhan pokok.  "Jangan dipergunakan untuk hal lain, seperti membeli baju untuk lebaran," katanya.

Camat Conggeang Bambang berpesan kepada penerima manfaat BLT DD agar memanfaatkan bantuan yang diberikan dengan sebaik baiknya di masa pandemi Covid 19 ini. Ia pun berharap agar warga dapat berhemat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H.  [end]

(penerbit: sumedangkab.go.id)