JATIGEDE - Kelompok budidaya ikan Jatigede yang tergabung dalam Koperasi Mitra Mandiri Desa Ciranggem, Kecamatan Jatigede menyalurkan bantuan untuk korban dan terdampak bencana longsor Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Rabu (27/1/2021).

Tokoh petani ikan Jatigede, Ramli Lupi Hidayat menyebutkan, bantuan yang disalurkan berupa ikan mas segar sebanyak 1 kwintal. Kemudian beras, 14 kwintal dan mie instan sebanyak 40 dus. Kelompok ini sengaja memberikan bantuan berupa ikan mas segar, untuk kebutuhan lauk pauk bagi para korban terdampak yang tinggal di posko penyintas bencana. "Karena kami petani ikan, jadi bantuan pun berupa ikan segar. Mudah-mudahan bisa menambah lauk pauk bagi korban bencana," ujar Lupi, usai memberikan bantuan di Posko Cimanggung.

Bantuan dari warga petani ikan di Jatigede itu, kata dia, menandakan kepedulian petani ikan yang merasakan kesulitan bagi warga terdampak bencana longsor Cimanggung. "Meski bantuan hanya ikan dan beras mudah-mudahan bisa membantu warga. Sebagaimana yang kami rasakan dulu ketika terdampak Bendungan Jatigede," katanya.

Lupi menyebutkan, bantuan tersebut berhasil dikumpulkan dari beberapa kelompok petani ikan asal Ciranggem, Jemah dan Ciboboko.  Rencananya, bantuan akan kembali dikumpulkan beberapa waktu ke depan. "Rencananya sih akan mengumpulkan lagi bantuan ikan. Tapi nanti setelah terkumpul kembali dari iuran petani ikan," katanya.

Selain membantu terdampak longsor, para petani ikan juga membantu warga yang terkena bencana longsor di Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo yang terjadi dua hari lalu. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)