SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menghadiri peluncuran pembayaran (KEUR/KIR) melalui Quick Response Code Indonesia Standar (QRIS) BJB dan Kartu Bukti Lulus Uji Elektronik (Blue) di UPTD Pengujian Kendaran Bermotor, Rancamulya, Kecamatan Sumedang Utara, Selasa (27/10/2020). Dengan sistem ini pembayaran uji KEUR/KIR bisa melalui ponsel pintar.
"Pembayaran KIR kini melalui QRIS, ini dalam rangka memberikan pelayanan terbaik yang cepat dan mudah kepada masyarakat," kata Dony.
Kata Dony, dengan sistem pembayaran digital ini akan mengurangi resiko penyebaran virus korona, karena tidak akan ada transaksi pembayaran antar orang. Pembayaran juga akan lebih cepat, mudah, dan aman.
"Tak ada lagi sentuhan antar orang, jadi akan aman dari sistem, dan aman dari Covid-19," ujarnya.
Selain itu, lanjut bupati, dengan pembayaran secara digital akan menghilangkan praktik percaloan. Uang yang dibayarkan secara digital akan langsung masuk kas daerah.
"Sebagai bentuk transparansi, mengurangi sangkaan orang dan praktik percaloan, karena tak ada hubungan antar orang," ucapnya.
Terkait transparansi ini, kata bupati, sesuai dengan salah satu visi Sumedang, yakni profesional aparaturnya.
"Oleh karena itu saya sudah instruksikan semua SKPD untuk berinovasi memanfaatkan IT untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan,"ujarnya.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)