SUMEDANGKAB.GO.ID, RSUD - NR (23), warga Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang yang terkonfirmasi positif Covid-19 melahirkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang, Rabu (26/8/2020), sekitar pukul 18.30 WIB. 
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri mengatakan, saat proses persalinan, NR mendapat penanganan khusus dari tenaga medis yang menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.
"Ibu hamil yang terkonfirmasi positif korona sudah melahirkan. Kondisinya baik dan (ibunya) sudah positif," kata Iwa, Kamis (27/8/2020).
Iwa juga memastikan, meski ibunya positif Covid-19 saat mengandung anaknya, tetapi kondisi bayinya setelah lahir dalam keadaan sehat dan tanpa ada gejala apapun. NR melahirkan bayi perempuan dengan berat badan 3,8 kilogram dan panjang 52 sentimeter.
"Tapi, penanganan (ibunya) berbeda dengan (pasien positif) yang lain, karena pasien yang ini terkonfirmasi positif Covid-19 saat akan melahirkan," kata Iwa.
Oleh karena itu, lanjut Iwa, ibu dan bayi tersebut masih harus mendapat penanganan dan perawatan khusus di RSUD Sumedang hingga kondisi kesehatannya benar-benar sehat. ***(gun)

(penerbit: sumedangkab.go.id)