Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

BAZNAS - Layanan Aktif Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Sumedang menyalurkan bantuan paket gizi dan uang tunai untuk bekal hidup kepada Ita Saswita (83) warga RT 01 RW 05, Lingkungan Parigi, Kelurahan Pasangrahan Baru, Kecamatan Sumedang selatan.

Ketua BAZNas Kabupaten Sumedang, Ayi Subhan Hafas menuturkan, pihaknya menerima informasi dari warga setempat, bahwa Ita selama bertahun-tahun menggarap sawah orang lain dan tidak memiliki hunian tetap. Setelah melakukan assessment, BAZNas Sumedang langsung mengirim bantuan yang diperlukan Ita. "Untuk masak, istirahat maupun tidur hanya di saung sawah berukuran 2×3 meter yang di garap Pak Ita. Sekarang beliau tidak mempunyai tempat berlindung dan mata pencaharian, karena sawah yang digarapnya sudah beralih kepemilikan dari majikan sebelumnya," kata Ayi, Senin (13/2/2023).

Ayi mengatakan, saat ini gubuk Ita telah dipindahkan ke lagan milik Kodim 0610/Sumedang. Pemindahan gubuk Ita dilakukan secara gotong royong oleh warga dibantu anggota Kodim. Dengan kondisi sekarang, sambung Ayi, Ita berharap ada yang memberikannya pekerjaan, meskipun serabutan, untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari. "Semoga bantuan yang diserahkan BAZNas dapat sedikit meringankan beban hidup bapak Ita beberapa bulan kedepan," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)