DARMARAJA - Pemerintah Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja memasang intalasi pipa air sepanjang kurang lebih 9 kilometer. Pipa tersebut diperuntukan untuk saluran air bersih. Pipa terpasang dari sumber mata air blok Cihurang, Kecamatan Cibugel hingga wilayah Desa Sukamenak.

Menurut Kades Sukamenak, Wawat Suwati, upaya tersebut bagian dari usaha pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga Sukamenak. Ketika musim kemarau, warga kerap kesulitan air bersih. Oleh karenanya langkah solusinya membuat pipanisasi penyalur air dari mata air. Desa mendapatkan bantuan program pipanisasi dari  Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung berupa bantuan pipanisasi untuk pemenuhan kebutuhan air bersih. "Bantuan BBWS Cimanuk-Cisanggarung menjadi solusi agar masyarakat desa terlepas dari krisis air bersih dimusim kemarau. Meskipun pada proses nya sangat sulit karena harus memasang pipa sepanjang 9 kilometer," katanya.

Dikatakan, dengan adanya program pipanisasi tersebut, diharapkan tidak ada lagi krisis air bersih di wilayah Desa Sukamenak. "Diperkirakan program tersebut bisa mencukupi untuk 300 KK," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)