TERMINAL - Libur panjang, tidak terjadi lonjakan penumpang di Terminal Tipe A Ciakar, baik yang datang maupun yang pergi.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal  Tipe A Ciakar Sumedang, Dadang Suganda mengatakan, pada hari pertama dan kedua libur panjang ini jumlah penumpang tetap sama seperti hari biasa. "Bus juga sepi penumpang dan malah ada juga yang gak jalan sebagian. Kalau yang berangkat memang ada, namun cenderung sepi," katanya.

Menurutnya, tidak adanya lonjakan penumpang hingga hari kedua libur panjang ini, diprediksi karena calon penumpang melihat kondisi jalan yang sudah mengalami kemacetan cukup parah. "Sekarang kepulangan dari Jakarta juga waktunya lebih lama. Saya sudah monitor, di Jalan Tol Cikampek KM 48 sudah kelihatan mobil mulai padat," kata Dadang.

Ia mengatakan, untuk bus yang beroperasi di Terminal Ciakar pada libur panjang ini, yakni jurusan Sumedang-Bekasi, Sumedang-Kampung Rambutan, dan Sumedang-Tangerang. Belum bisa diprediksi kapan lonjakan penumpang bakal terjadi selama libur panjang pada 28 Oktober hingga 1 November 2020 ini. "Kami lihat dulu kondisi besok bagaimana, karena mulai hari ini juga arus mudik sudah mulai terlihat, tapi belum ada lonjakan, tetap masih sama," katanya.

Kendati demikian, pihaknya sudah menyiapkan antisipasi adanya lonjakan penumpang, terutama dalam mencegah penyebaran Covid-19 dari penumpang yang datang dari daerah zona merah. "Ya, pasti itu sudah diantisipasi, intinya penerapan protokol kesehatan diterapkan dan diawasi secara ketat oleh petugas, terutama kedatangan penumpang," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)