SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Para pelaku UMKM berupaya untuk bersatu meski di lapangan dituntut berkompetisi dan bersaing dalam menciptakan produk UMKM yang berkualitas.

"Persaingan pasti ada tapi sebagai pelaku usaha harus ada rasa saling kebersamaan dan saling memajukan produk.  Misalnya dengan saling bantu tukar produk atau saling mempromosikan," ujar pelaku UMKM Sumedang yang juga Koordinator UMKM Kecamatan Tanjungkerta, Senin (28/9/2020).

Ia menyebutkan upaya bupati Sumedang terhadap peningkatan sektor UMKM sangat responsif. Salah satunya dengan mendorong adanya galeri UMKM di setiap wilayah. Di galeri UMKM banyak  jenis- jenis produk dari pelaku UMKM yang dipromosikan.

"Pemerintah  Sumedang khususnya sudah memfasilitasi untuk para pelaku UKM mempromosiian produknya di galeri  yang ada di IPP. Ini langkah yang harus diapresiasi oleh para pelaku UKM," ucapnya.

Saat ini, jumlah pelaku UKM di Sumedang yang terdata sekarang bertambah banyak apalagi setelah pandemi seperti sekarang mengingat banyaknya ornag yang terkena pemutusan kerja dan bantign setir menjadi pengusaha UMKM.

Produk UKM unggulan di Sumedang, diantaranya, anyaman geulis, opak,keripik dan dodol sawo Sukatali,abon ikan dan lain -lain.

 "Saat ini UMKM bisa bersinergi dengan banyaknya tempat pariwisata. Karena dengan adanya objek-objek wisata bisa menarik pengungjung. Sehingga bisa membantu perekonomian masyarakat sekitar tempat wisata terutama para pelaku UKM," ujarnya. ***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)