SUMEDANGKAB.GO.ID, SUMEDANG UTARA - Desa Margamukti Kecamatan Sumedang Utara bersama UPTD Puskesmas Situ melaksanakan Kegiatan Penguatan Program Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) bertempat di Balai Desa Margamukti. Penguatan Program Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) yaitu pemeriksaan kehamilan yang dilakukan oleh bidan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil, suami dan keluarga tentang kehamilan berisiko, bahaya kehamilan, ajakan pada ibu, suami dan keluarga untuk merencanakan persalinan, seperti yang dijelaskan Juliah selaku Bidan Puskesmas Situ.
"Tujuan P4K antara lain suami, keluarga dan masyarakat paham tentang bahaya persalinan, adanya rencana persalinan yang aman, adanya rencana kontrasepsi yang akan di pakai, adanya dukungan masyarakat, kader, dukung untuk ikut KB pasca persalinan," kata Juliah, Rabu (21/10/2020)
Juliah mengatakan, dengan adanya Penguatan Program Persalinan dan Pencegahan Komplikasi yang didalamnya menyangkut semua ibu hamil bisa terdeteksi sejak dini sehingga tidak ada yang tidak diinginkan. 
"Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan persalinan, nifas dan bayi baru lahirnya harus sehat. Program P4K ini dapat membantu ibu hamil, bayi dan balita sehat," tambahnya. ***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)