BLK Sumedang Beri Pelatihan Keahlian


Baca juga : BLK Menanti Instruktur
BLK Sumedang Beri Pelatihan Keahlian
Pemuda OTD Jatigede di Darmaraja Dilatih Servis Ponsel


BLK - Pemerintah Kabupaten Sumedang bekerjasama dengan BBPLK Bandung Kemenaker RI menggelar Pelatihan Skill Development Center (SDC) atau pusat dari pengembangan keterampilan di Sumedang. 

Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir S.T., M.M., berkesempatan membuka secara resmi pelatihan  Program Skill Development Center/SDC yang di laksanakan di UPTD BLK Sumedang, Kamis (26/11/2020). "SDC untuk melatih masyarakat supaya mempunyai keahlian di beberapa bidang.  Pelatihan yang diluncurkan adalah budidaya jamur, pembenihan lele, pembibitan lele, sayur dan buah buahan," kata Dony.

Menurut Bupati pelatihan pada SDC ini berbeda dengan pelatihan-pelatihan lainnya. Pelatihan ini langsung ada buyernya atau pembelinya. Disamping telah memiliki buyer, dikatakan Bupati peserta pelatihan juga mempunyai keahlian dan peningkatan pendapatan, setelah itu tinggal fokus pada kontinuitas. "Jadi program ini betul-betul akan menciptakan lapangan pekerjaan, mengurangi pengangguran dan mengurangi angka kemiskinan," katanya.

Menurut Bupati "link and match" seperti inilah yang akan dikembangkan, termasuk pelatihan-pelatihan untuk industri. "Misalnya ahli jait akan kita masukan ke industi di daerah Cimanggung, pelatihan otomotif akan kita masukan ke industri otomotif. Jadi kita cari dulu pasarnya, pasar untuk produlk yang dibuat dan pasar bursa tenaga kerja untuk produk yang di latih," ujarnya.

Terakhir Bupati mengatakan permodalan saat ini di suport langsung oleh Kemenaker. Kedepan untuk tambahan modal bisa dengan Bank Sumedang atau Bank BJB. "Kami yakin dengan titik awal sekarang ada bantuan peralatan dan pengolahannya pun peserta sudah bisa mempunyai usaha. Jika ini berkembang kita akan bantu dari modal perbankan," katanya. (nsa)


BLK, SDC, Pelatihan

Berita Terkait