BPBD Antisipasi Musim Kemarau


Baca juga : 12 Pihak Tangani Karhutla Tampomas
Siap Hadapi Musim Kemarau


BPBD - Memasuki musim kemarau memungkinkan berdampak pada kekeringan lahan.  Selain itu juga bisa mengakibatkan kebakaran lahan/hutan di wilayah Sumedang. Harus ada langkah antisipasi dari semua pihak untuk mencegah kemungkinan terjadinya kekeringan lahan dan kebakaran lahan/hutan.

Kepala BPBD Kabupaten Sumedang Ayi Rusmana mengatakan berkaca dari musim kemarau tahun lalu banyak kejadian kekeringan dan kebakaran lahan/ hutan di Sumedang. Oleh karenanya BPBD mengajak masyarakat untuk bisa mengenali wilayahnya agar terhindar dari bencana itu.

"Persiapan BPBD menjelang musim kemarau telah melakukan koordinasi dan konsultasi dengan BMKG dan BPBD provinsi untuk menyiapkan bahan rencana status siaga kekeringan dan siaga kebakaran kahan/ hutan," ujar Ayi, Senin (29/6/2020).

Pihaknya, kata Ayi, mulai meningkatkan kesiagaan dan terus berkoordinasi untuk mengkases dan pemutahuran informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Sebelumnya berdasar data pada musim kemarau tahun lalu, kebakaran hutan dan lahan menjadi angka terbesar di Kabupaten Sumedang selama tahun 2019. Kebakaran hutan / lahan mencapai 91 kali kejadian. (nsa)


BPBD, Kemarau

Berita Terkait