BPBD Bantu Warga Korban Puting Beliung di Cibugel


Baca juga : Usai Subuh Berjamaah, Bupati Tinjau Pembangunan Jalan di Ujungjaya
Angin Puting Beliung Kagetkan Warga Cimanintin


CIBUGEL- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Sumedang  telah menangani pascaangin puting beliung di Kecamatan Cibugel .  Wilayah Kecamatan Cibugel diterjang angin puting beliung, Jumat (8/11/2019) sore.  Akibatnya puluhan rumah di sejumlah desa mengalami rusak.

Kasie Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Sumedang Yedi menyebutkan, berdasar laporan tim lapangan, akibat angin puting beliung, terdata terjadinya kerusakan rumah dan fasilitas umum serta pohon tumbang di empat desa di Kecamatan Cibugel, antara lain di Desa Cipasang, Sukaraja, Cibugel dan Desa Jayamekar.

Menurutnya, jenis kerusakan rumah yang dialami warga beragam, dari mulai, genting rumah yang berterbangan, kerusakan pada dinding rumah bahkan sampai ada yang roboh.  "Kami sudah melakukan pendataan sementara terhadap rumah yang rusak dampak dari puting beliung,” katanya, Minggu (10/11/2019).

Di Desa Sukaraja sebanyak 3 rumah rusak, di Desa Cipasang 2 rumah, di Desa Cibugel 4 rumah dan yang paling banyak di Desa Jayamekar 17 rumah.  “Selain kerusakan rumah angin juga menumbangkan puluhan pohon dan sejumlah tiang listrik," tutur Yedi.

Ia menambahkan, pihak BPBD sudah melakukan penyisiran dan membantu memperbaiki sejumlah rumah bersama masyarakat. Warga Desa Jayamekar, Dede Resmana mengaku panik saat kejadian, hujan deras disertai angin sangat kencang. "Semakin ngeri setelah banyak genting dan atap rumah yang beterbangan. Pas kejadian listrik juga mati karena ada tiang listrik yang roboh," katanya. (nsa)


Sumedang Simpati, Bencana Alam

Berita Terkait