GEDUNG NEGARA, KOTA - Forum Komunikasi Badan Permusyaratan Desa (FKBPD) melaksanakan audiensi bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, di Gedung negara. Senin (14/9/2020). Dalam arahannya disampaikan Dony bahwa BPD harus menjadi pengawas yang baik terhadap setiap pembangunan yang dilaksanakan di Desa. Tidak hanya itu dijelaskan bahwa suatu organisasi harus mampu menjadi solusi jaring masalah sosial.

"BPD harus menjadi bagian solusi dari setiap masalah terutama menangani jaring masalah sosial, dan mengawasi apapun yang dianggarkan oleh desa harus berdampak kepada masyarakat, " jelas Dony.

Tiga hal utama yang perlu diawasi setiap anggota BPD diantaranya berupa indikator penilaian SAKIP yang mencakup kemiskinan, kesehatan serta pelayanan terhadap masyarakat. Maka dari itu SAKIP desa perlu dipahami betul oleh BPD agar lebih jeli dalam pengawasannya, sudah sejauh mana anggaran yang besar berdampak kepada masyarakat, seperti yang diarahkan Dony.

"SAKIP atau penilaian kinerja desa juga harus diawasi oleh BPD, ada 3 indikator utama yang perlu diawasi dalam setiap pembangunan atau penganggaran harus mampu menurunkan angka kemiskinan, menurunkan angka stunting dan sanitasi lingkungan sudah bagus ataubelum serta yang terakhir pelayanan cepat atau tidak," katanya.*** (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)