SUMEDANGKAB.GO.ID, CIBUGEL- Buah kesemek atau yang sering juga disebut buah genit ini kini sedang melimpah di Dusun Cibubut, Desa Jayamekar, Kecamatan Cibugel. Para petani di desa ini kini memang sedang panen buah kesemek yang mencapai puluhan ton.

Guna memasarkan buah kesemek dari Cibubut itu, petani menggandeng BUMDes Jaya Mekar, Desa Jayamekar.

"Kebetulan di wilayah Cibubut ini setiap warga memiliki pohon kesemek. Saat panen seperti sekarang buah kesemek sangat banyak. Namun warga kurang bisa memasarkan hasil panen itu. Makanya untuk pemasaran kami (BUMDes) ambil alih," ujar Ketua BUMDes Jaya Mekar, Desa Jayamekar, Budi Sukroni, Senin (11/5/2020).

Menurut Budi, BUMDes sengaja menjadi wadah pemasaran agar komoditi hasil panen bisa dipasarkan secara luas.Melalui jaringan media sosial atau jaringan pertemanan, proses pemasaran menjadi cepat.

"Pesanan dari luar daerah terus bertambah. Nanti kami akan hantar pesanan dengan petugas khusus dari BUMDes," katanya.

Budi mengakui buah kesemek, hanya subur tumbuh di Cibubut. Komoditas buah itu lumayan banyak diminati konsumen. Saat ini stok buah kesemek mencapai puluhan kuintal.

"Hasil panen dari keseluruhan petani bisa mencapi belasan ton dan kami akan terus memasarkannya. Termasuk ke pasar induk yang bisa menampung jumlah banyak," ujarnya.

Budi mengatakan, harga penjualan buah kesemek berada dikisaran Rp.12.000/kg. Harga ini dikondisikan pada situasi seperti sekarang.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)