SUMUT - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sugih Mukti Desa Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara terus mengembangkan usaha. Selain mebeleur dan pembibitan tanaman, unit usaha yang tidak kalah menarik dalam melayani masyarakat adalah penyaluran air bersih.

Menurut Direktur BUMDes Sugih Mukti Cahya saat ini ada sekitar 100 warga Desa Mekarjaya yang menjadi pelanggan air bersih dari BUMDes. "Untuk pelanggan saat ini memang masih terbatas jumlahnya, hal ini disesuaikan dengan debit air yang dihasilkan," jelas Cahya Minggu (23/8/2020).

Ditambahkan Cahya untuk memenuhi kebutuhan 100 pelanggan ini, pihak BUMDes mengandalkan pada 3 buah sumur yang sengaja dibuat pihak BUMDes. Para pelanggan ini lanjuit Cahya penduduk di wilayah RW 03 dan RW 05 yang memang agak sulit mendapatkan air bersih dibandingkan dengan RW RW lainnya. "Jadi kami mengutamakan dulu warga yang lingkungannya memang agak sulit mendapatkan air bersih," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Cahya seperti halnya PDAM, dalam pengelolaan air bersih yang dilakukan oleh BUMDes dilakukan secara profesional. Setiap pelanggan ada meteran airnya sehingga jelas pemakaian setiap bulannya dan berapa biaya yang harus dibayarkan.  (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)