SITURAJA - Untuk mencegah terpuruknya ekonomi di masa pandemi ini, Bumdes Sugih Mukti, Desa Situraja Utara, Kabupaten Sumedang terus melakukan inovasi berbagai pengembangan usaha dan layanan. Salah satunya dengan memaksimalkan aplikasi digital yang dimilikinya. Hanya dengan membuka ponsel pintar kemudian menekan ikon yang berisikan berbagai menu, kebutuhan layanan konsumen dengan mudah akan terpenuhi.

Direktur Bumdes Sugih Mukti, Dadan Ramadan menyebutkan, sejak pandemi Covid-19, masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah, guna menghindari penyebaran korona. Sehingga pola transaksi jual beli juga lebih banyak menggunakan online. "Kondisi tersebut  menjadi pemicu pengurus Bumdes untuk memaksimalkan aplikasi layanan berbasis online," katanya. 

Aplikasi ini, kata Dadan, melayani ragam transaksi online. Mulai dari pesan antar makanan, transaksi keuangan, layanan service kendaraan, ojek online, kurir online hingga urusan layanan persampahan. "Kebutuhan warga terpenuhi hanya dengan membuka ponsel dan klik berbagai menu yang ada di aplikasi Bumdes Sugih Mukti. Sekarang layanannya sudah menyebar ke seluruh Sumedang," ujar Dadan, Selasa (1/12/2020).

Menurutnya,  aplikasi milik desa ini dibangun dengan tujuan membantu memudahkan masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan di tengah Pandemi Covid-19. Awal perancangan sekitar Maret 2020. Dan dimaksimalkan pada mulai Agustus 2020. "Selain memudahkan masyarakat, dengan adanya aplikasi ini Bumdes Sugih Mukti juga telah memberdayakan masyarakat desa yang sebelumnya menganggur," katanya.

Keberhasilan penggunaan aplikasi tersebut membuat Bumdes Sugih Mukti di tunjuk oleh Bank BRI dalam program desa brilian tingkat nasional. "Alhamdulillah omset dari aplikasi ini mencapai Rp 6 juta per bulan dari satu sektor unit usaha," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)