DARMARAJA - Pemerintah Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja memberdayakan BUMDes untuk mengelola sampah dari rumah-rumah warga.
Sampah dari warga,diolah menjadi pupuk dan pakan magot. Kendati baru berjalan namun pengolahan sampah yang dikelola BUMDes Tarunajaya berpotensi dijadikan lahan usaha. "Mengelola sampah memang memerlukan orang yang tekun dan mau bekerja keras. Sampah kalau diolah ternyata bisa menghasilkan pendapatan," ujar pengurus BUMDes Tarunajaya, Arifin, Senin (28/12/2020).

Ia mengatakan, tata kelola sampah di Tarunajaya belum lama dijalani. Tapi setelah konsultasi dengan bimbingan petugas DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan) akhirnya para petugas yang disiapkan BUMDes mulai melaksanakan penarikan sampah ke rumah-rumah warga. Potensi dari pengolahan sampah bisa menjadi unit usaha yang potensial. Pasalnya dari sampah bisa menciptakan beberapa produk yang bisa dimamfaatkan oleh masyarakat. Salah satunya pupuk. "Sekarang di Tarunajaya ada yang budidaya magot. Bah untuk pakan magot ternyata bisa dari hasil olahan sampah. Jadi hasil olah sampah bisa jadi pendapatan," ujarnya.

Untuk mendukung kelancaran tata kelola sampah, telah disiapkan alat pendukung seperti, Cator 1 unit, meja pemilah dan mesin pencacah organik. "Mudah-mudahan setelah berjalan lama bisa membeli sumberdaya pendukung lainnya dan lebih jauhnya bisa memberdayakan masyarakat di Tarunajaya," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)