JAKARTA - Bupati H Dony Ahmad Munir mengajukan permohonan penyelesaian pembangunan Jalan Lingkar Timur Kawasan Bendungan Jatigede  ke Kementerian PUPR. "Saat kunjungan ke Jakarta seteleh menerima Anugerah Kebudayaan dari PWI Pusat,  saya mengajukan permohonan penyelesaian jalan lingkar Jatigede," kata Bupati Dony Ahmad Munir, Kamis (11/2/2021) .

Menurutnya, permohonan peningkatan jalan dari gerbang jalan Lingkar Timur di Cibala, Desa Sarimekar, Jatinunggal sampai ke pertigaan Wado, jalannya sempit dan harus ditingkatkan. "Pemkab Sumedang mengajukan permohonan peningkatan ruas jalan dari Sarimekar sampai dengan Pawenang sepanjang 3,3 km serta ruas jalan Pawenang-Wado sepanjang 1,5 km. Pembebasan lahan sekaligus pembangunannya oleh pihak kementerian PUPR," katanya.

Jalan ini, terang bupati,  menyambung ke arah Malangbong, Garut dari Wado. Jalan ini akan menjadi akses penting dari jalur selatan menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati serta ke tol Cipali. Akses jalannya harus ditingkatkan. Peningkatan jalan ini akan berdampak terhadap perekonomian di Sumedang. "Atas permohonan ini akan dimatangkan di Kementrian PUPR dan lintas kementerian/sektor. Dirjen di Kementerian PUPR akan datang meninjau langsung ke Sumedang," katanya. [drs]

(penerbit: sumedangkab.go.id)