PASEH - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meletakan batu pertama pembangunan Perumahan Cicaruy Asri di Dusun Cucaruy, Desa Legok Kaler, Kecamatan Paseh, Selasa (10/11/2020). Perum Cicaruy Asri dibangun oleh Asperumnas dengan memprioritaskan warga terdampak pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sebagai penghuninya. "Saya mengapresiasi Aspremunas yang sebelumnya melakukan MoU dengan PPK Satker lahan, dan memberikan pilihan kepada masyarakat terdampak jalan tol untuk mendapatkan rumah," kata Bupati Dony.

Menurut bupati, pembangunan perumahan bagi orang terkena dampak (OTD) ini merupakan ide yang brilian, karena akan memudahkan OTD mencari rumah pengganti.
"Lokasinya juga dekat dari rumah mereka yang terdampak tol," ujarnya.

Meski diprioritaskan untuk OTD, namun bupati memastikan perumahan tersebut harus layak huni, layak sehat, dan layak investasi.
"Hubungan sosial antar warga pun terjaga, karena ada bedol dusun, bedol RW ke sini. Jadi tidak mulai dari nol lagi," katanya.

Pemkab Sumedang menyambut baik pembangunan perumahan ini, karena memberikan solusi dan kemudahan bagi warga OTD Tol Cusumdawu, yang merupakan proyek strategis nasional. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)