ANGKREK - Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang kini sedang diterapkan di Sumedang dalam menyikapi pandemi corona bukan berarti hidup normal lagi seperti dulu sebelum datangnya corona. Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) adalah pola hidup yg harus dijalani di masa pandemi corona dengan cara :
1. Selalu memakai masker bila berkegiatan di luar rumah atau di tempat kerja;
2. Rajin cuci tangan apalagi sebelum makan;
3. Selalu jaga jarak minimal satu meter dengan orang lain;
4. Makan makanan bergizi;
5. Rajin berolahraga dan terakhir, jangan lupa tetap berbahagia.

Jadi salah besar dan berbahaya kalau masyarakat memaknai AKB sebagai Akhirnya Korona Berakhir sehingga bisa hidup bebas tanpa masker atau suka berada dalam kerumunan. Sekali lagi itu salah besar karena ancaman corona belum berakhir sampai nanti ditemukan vaksin anti corona. Karenanya, di masa AKB kita harus benar-benat menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan berkelanjutan dalam setiap sendi kehidupan kita.

Untuk memastikan pasukannya menerapkan protokol kesehatan di tempat kerja, pada hari Rabu, 10 juni 2020, Bupati Sumedang 'DR. Donny Ahmad Munir, ST.,MT' melakukan kunjungan ke Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang. Kunjungan ke dinas masa depan ini bukan tanpa alasan tapi orang nomor satu di Sumedang ini ingin memastikan bahwa pegawai di Diskominfosanditik harus menjadi contoh dalam menerapkan protokol kesehatan di tempat kerja karena selama ini Diskominfosanditik menjadi corong untuk menyampaikan berita-berita tentang corona, baik yang berupa penanganan langsung tentang corona dari pemerintah, penanganan pemerintah tentang dampak corona ataupun menjejalkan informasi tentang cara hidup di masa AKB ini.

Selain itu, kunjungan Bupati Sumedang ke Diskominfosanditik sendiri diwarnai dengan dialog santai tapi berkelas dengan pegawai Diskominfosanditik yang di nahkodai oleh DR. Iwa Kuswaeri, M.M. tentang inovasi-inovasi dan hal-hal yang dikelola oleh  Diskominfosanditik di masa Corona ini, seperti pengembangan website sumedangkab.go.id yang mengakomodir berita-berita dan informasi tentang corona, link dengan aplikasi maijah, absen online, laporan kinerja pegawai, link dengan gugus tugas covid-19, termasuk inovasi pembuatan pengusulan pencairan anggaran secara elektronik melalui E-USUL PEANG di Diskominfosanditik Kab. Sumedang yang baru selesai dibuat oleh Sekretaris Diskominfosanditik 'Drs. Kemal Idris, MPS,.SP' sebagai salah satu aksi perubahan Peserta Diklat Kepemimpinan Administrator dan saat ini aplikasi tersebut sudah diujicobakan serta siap untuk diterapkan.

Mendengarkan penjelasan 11 inovasi aplikasi yg dibuat dan dikelola atau nge-link dengan Diskominfosanditik, Bupati Sumedang merasa puas karena ditengah sejumlah keterbatasan sarana prasarana dan dana tapi Diskominfosanditik terus berkarya. Tetapi dibalik semua itu orang nomor satu di Sumedang ini berpesan agar Diskominfosanditik tidak puas dengan semua yang sudah dicapai saat ini tp harus terus berinovasi dan berimprovisasi.

Kunjungan diakhiri oleh Bupati dengan mengunjungi setiap ruangan yg ada Diskominfosanditik. (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)