BAZNas-  Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengajak masyarakat meningkatkan rasa empati dan kepedulian terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA). "Dengan Hari AIDS Sedunia ini kita harus meningkatkan rasa empati dan kepedulian kita terhadap mereka yang terkena musibah terjangkit HIV/AIDS, beri semangat untuk terus melakukan pengobatan terus menerus, karena ini bisa dikendalikan," kata Dony, saat peringatan Hari AIDS Sedunia di Aula Baznas Kabupaten Sumedang, Rabu (2/12/2020).

Bupati meminta agar masyarakat tidak menjauhi ODHA namun harus diperhatikan. ODHA harus rajin minum obat secara rutin. Sehingga ODHA bisa terus menjalani kehidupannya. "Kepada masyarakat yang tidak terjangkit harus menambah rasa syukur kepada Allah. Dan sebagai bentuk rasa sukur itu kita harus jadi bagian yang memperhatikan. Jauhi virusnya bukan orangnya," katanya.

Dony menggambarkan, bentuk perhatian kepada odha diantaranya dengan cara ikut mengendalikan dan mencegah agar tidak terjadi penularan HIV/AIDS yang baru. "Cara mencegahnya dengan menghindari hal yang bisa menyebabkan penularan. Misalnya mencegah seks bebas, LGBT, narkoba, dan jarum suntik, dan itu harus disosialisasikan oleh masyarakat," katanya.

Bupati berharap momen Hari AIDS Sedunia ini memberi informasi pada masyarakat, bahwa HIV/AIDS masih ada, dan setiap orang bisa saja tertular.
"Dengan Hari AIDS ini jadi motivasi bagi semuanya untuk mencegahnya, dengan target 2030 bebas HIV di negara kita," katanya.

Dalam kesempatan itu bupati juga menyerahkan bantuan sembako kepada  ODHA dan bantuan nutrisi kepada anak dengan HIV/AIDS (ADHA). (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)