KUTAMAYA -  Bupati Kabupaten Sumedang, Dony Ahmad Munir, menyampaikan bahwa jika sebuah organisasi keberadaanya ingin selalu eksis, maka ada tiga tahapan yang harus dilakukan dalam berorganisasi.  "Antara lain konsolidasi yang intens dalam organisasi. Kemudian kaderisasi yang merupakan ruh dalam organisasi," kata Bupati Dony saat pembukaan Latihan Instruktur I angkatan III dan Pendidikan dan Latihan Khusus Banser Tanggap Bencana yang digelar GP Ansor Jabar di Islamik Center, malam Jumat (29/10/2020).

Para pengurus harus terus dilatih dan diasah untuk menjadi pemimpin dan menjadi kader Ansor yang tangguh. Kader ansor yang mandiri, yang kuat, yang faham dan sadar akan organisasi. Faham dan sadar akan tugas dan kewajibannya. Serta bisa memberikan kemanfaatan untuk umat.  Kehadiran Ansor kata Dony,  harus menjadi bagian solusi, bukan bagian dari masalah. "Jadi Ansor harus terus dilatih, kompeten, dan bisa memberi manfaat kepada manusia lainnya," ujar Dony

Katanya, pengurus GP Ansor harus terus perbanyak melaksanakan kaderisasi. Sehingga kader ansor menjadi terampil, tangguh, yang punya secara ideologis betul-betul nilai keansorannya ada melekat di hati. Manjadi sumber inspirasi dan sumber motivasi dalam menjalankan tugasnya untuk berjuang membela Nahdlatul Ulama. Dony menambahkan, ketiga yaitu, sebuah organisasi harus bisa menghadirkan dirinya dalam memberikan kemanfaatan dengan program-program riil ditengah-tengah masyarakat. Keberadaan organisasi benar-benar bisa dirasakan oleh rakyat.  "Kalau GP Ansor keberadaanya bisa terus dirasakan oleh rakyat, maka rakyat dengan sendirinya di dalam hatinya akan bersemayam rasa cinta kepada GP Ansor. GP Ansor dan Banser harus memberikan program-program yang riil kepada masayarakat, bisa pendampingan, bisa advokasi, bisa juga pencerahan-pencerahan yang lainnya," kata Dony.

Dony menyakini kader Ansor telah terbukti dan telah teruji. Sampai saat ini kader Ansor telah hadir untuk memberikan darma baktinya kepada ibu pertiwi dan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)