KPP - Bupati Dony Ahmad Munir memberikan penghargaan kepada lima orang warga Dusun Bojongkondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung yang rumahnya dibongkar untuk keperluan evakuasi korban bencana longsor beberapa waktu lalu. Penyerahan penghargaan dilakukan  dalam pelaksanaan apel gabungan yang digelar di lapang KPP Senin (1/3/2021).

Kelima warga tersebut adalah Kiai Totoh Gozali, Endang, Hadi,  Ny Hadi dan Nurjanah Anita Santi yang semuanya warga Bojongkondang, Desa Cihanjuang 

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang Iwan Hermawan mengatakan, kelima rumah yang dirobohkan berada di Zona Merah dan para pemiliknya merelakan untuk kelancaran proses evakuasi. Dikatakan Iwan, penggantian bangunan rumah kelima warga akan dilakukan sebagaimana regulasi yang ditentukan oleh pemerintah. "Lima orang ini menjadi bagian dari seluruh warga yang terdampak yang kemudian nanti akan direlokasi," katanya.

Bupati Dony mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Cihanjuang yang sudah berkorban merelakan bangunannya dibongkar untuk akses alat berat masuk untuk evakuasi korban saat bencana tanah longsor Cimanggung.

Sementara itu, salah seorang penerima penghargaan Ny Ade (55) istri dari Hadi yang rumahnya turut dirobohkan mengatakan kalau dirinya merelakan rumahnya dibongkar semata-mata demi kemanusiaan. "Saya rela rumah daya dibongkar demi rasa kemanusiaan," katanya.

Ia juga berharap keluarganya segera bisa direlokasi ke tempat yang aman dan nyaman. "Harapan saya ke depannya saya direlokasi di tempat yang aman. Saya juga meminta ke BMKG untuk memastikan jika tempat relokasi yang baru tidak rawan longsor," katanya. [edk]

(penerbit: sumedangkab.go.id)