KPP - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menjadi imam dan khatib ibadah Salat Jumat di Masjid Al Kamil Kawasan Pusat Pemerintahan (KPP), Jumat (5/2/2021). Ibadah Salat Jumat di Masjid Al Kamil merupakan yang pertama kalinya digelar. Sebelumnya Selasa (2/2/2021), ibadah salat mulai digelar.

Dalam khutbahnya Bupati Dony mengajak jamaah untuk bersama-sama melakukan introspeksi, refleksi dan evaluasi atas perjalanan hidup, khususnya apa yang telah dilakukan selama seminggu ke belakang.  "Mari kita evaluasi diri dari Jumat ke Jumat. Apakah banyak kebaikan atau kejelekan yang kita lakukan. Apakah kemarin kita bekerja sungguh-sungguh atau bermalas-malasan," ajaknya.

Ditambahkan Bupati, dengan introspeksi bisa melakukan perspektif apa yang harus dilakukan ke depan.  "Kalau yang kita lakukan sudah baik, maka kita pertahankan bahkan ditingkatkan. Kalau yang dilakukan justru kemaksiatan, kita hentikan sekarang juga," tambahnya.

Momentum tersebut, menurutnya, saat yang tepat untuk meningkatkan ketaatan dan meninggalkan kemaksiatan sebagaimana definisi Taqwa. Dan ketaqwaan yang sebenarnya tidak hanya diucapkan oleh lisan, tetapi benar-benar dipraktikkan dalam bentuk tindakan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga meminta jemaah agar berpartisipasi dalam memutus penyebaran Covid-19 dengan menerapkan Protokol Kesehatan secara disiplin dan mengajak orang lain untuk bersama-sama menerapkannya. "Tujuan hukum Islam adalah hifdzun nafs, yakni menjaga jiwa atau menyelamatkan nyawa, baik diri pribadi, keluarga maupun lingkungan diantaranya dari Covid-19. Jadi menjalankan Prokes dan mengajak orang lain melakukannya termasuk ibadah," katanya.

Salat Jumat ini dihadiri oleh seluruh ASN di Lingkungan Pemkab Sumedang dan warga sekitarnya. Masjid difungsikan selain tempat beribadah juga untuk kegiatan keagamaan lainnya, sebagai wadah kegiatan berbasis sosial kemasyarakatan, pendidikan dan psikologi. [edk]

(penerbit: sumedangkab.go.id)