DINKES- Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir terus memantau perkembangan kesehatan AP yang didiagnosa TB paru. Remaja berusia 18 tahun didiagnosa TB paru sejak September 2021 telah mendapatkan penanganan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang melalui kunjungan rutin petugas puskesmas. Warga Gg. Nunu RT 3 RW 09 Kelurahan Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan itu terakhir mendapatkan kunjungan medis pada Rabu (12/1/2022).

"Saya meminta Dinas Kesehatan untuk  terus memantau kondisi kesehatan Anatania. Bersama dinas terkait lainnya kita penuhi pula keperluannya," kata Bupati Dony, Jumat (14/1/2022).

Sekretaris Dinas Kesehatan Sumedang Kabupaten Sumedang Uyu Wahyudin mengatakan  petugas dan surveilans dari Puskesmas Sumedang Selatan didampingi petugas UPT laboratorium mendapati pasien dalam keadaan lemah dengan gejala kadidiasis oral dan diare. “Pasien dirujuk untuk segera dirawat di RSUD,” kata Uyu, Jumat (14/1/2022).

Menurutnya, pasien ini telah mempunyai JKN dan dua hari yang lalu telah dibawa ke RSUD Sumedang untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Menurut penuturan keluarga, sejak awal pengobatan Anatania tidak mau minum obat TB  dan selalu dibuang. "Pasien menginginkan obat digerus setiap kali minum, tetapi PMO (pengawas menelan obat) tidak punya waktu untuk menggerus obat dan rumahnya terpisah sehingga tidak bisa merawat pasien secara lebih intens," katanya.

Uyu mengatakan, dengan dirawat di RSUD, pasien mendapatkan penanganan secara khusus sehingga asupan makanannya terjamin, begitu juga pemberian obatnya. [rilis]

(penerbit: sumedangkab.go.id)