WARGALUYU – Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir memulai kunjungan ke masjid-masjid. Bupati menjadi khatib dan imam salat Jumat serta bersilaturahmi dengan warga. “Insya Allah, saya akan melaksanakan Salat Jumat sekaligus menjadi khatib dan imam dari masjid ke masjid ke berbagai daerah di Sumedang,” kata Dony, Senin (7/9/2020).

Menurutnya, usai menggela salat Jumat ia akan bersilaturahmi , bercengkrama dan ingin mendengar keinginan warga secara langsung sekaligus menyampaikan program pembangunan Pemkab Sumedang. “Seperti Jumat kemarin sebelum ke acara pembukaan MTQ tingkat Jabar di Subang, saya mampir ke Dusun Selebu, Desa Wargaluyu, Kecamatan Tanjungmedar, Salat Jumat di Masjid Al Huda. Berbagi keberkahan dengan jamaah serta warga, membagikan nasi kotak,” katanya.

Menyerahkan bantuan untuk perbaikan rumah panggung milik Acu (55) yang kerjanya buruh serabutan. “Saya menyerahkan bantuan stimulan dan warga juga harus ikut gotong royong membantu membangun rumahnya,” katanya.

Bertemu dengan Dejan, anak yatim yang tinggal bersama neneknya. Tas, buku dan bantuan makanan diberikan untuk anak yatim ini. Di gang menuju jalan, banyak ibu-ibu yang sudah lanjut usia menyapa, bertemu dengan Nenek Uka yang usianya mencapai 105 tahun.

Ibu-ibu rumah tangga yang lain di Selebu ini ternyata banyak yang membuat kasur berbahan kain majun di teras rumah mereka, home industri. Pemilik modalnya orang luar Selebu. Mereka mendapat upah Rp 3 ribu per satu kasur, satu ibu rumah tangga bisa membuat 10-15 kasur setiap harinya. “Saya meminta membuat kelompok usaha pembuatan kasur dan diberi merek Selebu. Pemerintah bisa membantu permodalannya,” katanya.

Sementara saat menjadi khatib, khotbah yang disampaikan tentang iman dan taqwa. “Apa yang sudah dilakukan dari Jumat kemarin sampai hari ini. Jujur menilai diri sendiri sudah banyak beramal saleh atau salah? Mumpung ada waktu mari memperbaiki diri kalau banyak salah. Pertahankan dan tingkatkan terus amal kebaikan,” katanya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)