CIHANJUANG - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir memimpin penanaman pohon atau reboisasi di area lahan bekas longsor di RT 3 RW 10, Kampung Bojongkondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Minggu (31/1/2020). Selain bupati, penanaman juga dilakukan oleh wakil bupati, sekda, Dandim, wakapolres, camat, dan SKPD. "Reboisasi atau upaya penanaman pohon di lahan yang sudah rusak ini dilakukan agar lahan ini kembali hijau seperti semula untuk mencegah kejadian  yang sama kembali terulang," kata Dony, Minggu (31/1/2021).

Bupati mengatakan, ada 2000 bibit pohon tanaman keras yang ditanam di lahan seluas 2,4 hektare di area tersebut. "Mumpung saat ini masih memasuki musim hujan, sehingga diharapkan bisa mencegah longsor di kemudian hari," ujarnya.

Sedangkan untuk keseluruhan hingga ke kawasan yang masuk zona merah seperti Perumahan Satria Bumintara Gemilang (SBG), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumedang menyiapkan 8.000 pohon. Dengan cara seperti itu, kata Dony, diharapkan bisa mencegah longsor dan banjir di Kecamatan Cimanggung dan Kecamatan Jatinangor. Tak hanya di wilayah itu, bupati juga menginstruksikan semua kecamatan melakukan hal yang sama. "Saya sudah menginstruksikan, penghijauan jangan hanya sebatas formalitas, jangan hanya menggugurkan kewajiban. Tapi harus dijiwai dan betul-betul menanam dengan sungguh-sungguh serta penanamannya harus menyebar," katanya.

Atas hal tersebut, lanjut Dony, pihak kecamatan, desa, hingga setiap SKPD akan mendapatkan zona masing-masing untuk menanam dan memelihara dan merawat pohon yang sudah ditanam sampai jadi, tumbuh dan berkembang. "Dengan cara ditanama tanaman yang keras, akarnya akan mengikat tanah, menyimpan air, dan juga bisa menghasilkan oksigen," kata Dony. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)