CISARUA - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir meresmikan Gerai Ekonomi Mandiri Terbina (Gembira) Kecamatan Cisarua, Selasa (24/11/2020). Bupati mengatakan, Gembira ini dibuka sebagai etalase bagi para pelaku UMKM Kecamatan Cisarua. "Kelebihan produk disini beberapa sudah ada PIRT (sertifikat Produk Industri Rumah Tangga), packagingnya bagus, dan kualitas rasanya juga enak," katanya.

Selain itu, kata Dony, dari segi menejemen, Gembira sudah menerapkan sistem barcode, seperti di pasar modern. Selain itu, lokasinya juga sangat strategis, karena berada di pusat kecamatan. "Harapan saya kontinyuitas, produknya terus berkualitas, packagingnya bagus terus, higienisnya dijaga, dan ada PIRT-nya, sehingga bisa laku di pasaran," ujarnya.

Menurutnya, jika produk laku dipasaran, maka akan membuka lapangan kerja baru, dan berujung pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat. "Jadi saya sangat mendukung, dan sudah saya instruksikan Dinas Indagkops untuk memberikan pelatihan PIRT, termasuk akses modal akan kami upayakan," tuturnya.

Ketua Asosiasi UMKM Kecamatan Cisarua, Neneng Komariah mengatakan, di Gembira pihaknya memasarkan produk unggulan setiap desa, seperti makanan ringan, fashion, hingga budidaya ikan. Selain secara offline, pihaknya juga melakukan pemasaran secara online. "Yang masih jadi masalah kami diantaranya perizinan, kebanyakan belum punya legalitas seperti label halal dan PIRT," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)