JAKARTA - Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Penghargaan Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dalam kegiatan peringatan HPN 2021 tingkat Nasional bertempat di Candi Bentar Hall, Putri Duyung Cotage, Ancol Jakarta, Selasa (9/2/2021). Penyerahan penghargaan dilakukan Presiden Joko Widodo secara daring bersama sembilan Bupati/Walikota lainnya.

Ketua PWI Pusat Atal S Depari selaku penggungjawab HPN 2021 mengatakan, penghargaan ini apresiasi insan pers terhadap para bupati/wali kota yang peduli kebudayaan dan literasi media yang dipilih oleh tim juri yang terdiri dari para wartawan senior, penulis, budayawan, akademisi, dan pekerja seni-budaya.

Bupati Dony mengatakan, sebuah kehormatan menerima Penghargaan Anugerah Kebudayaan PWI.  "Saya menyajikan roh Sumedanglarang, memelihara nilai-nilai lama yang baik, dan menggali nilai-nilai baru yang lebih baik, untuk menjawab tantangan masa kini," katanya. 

Menurut bupati, Pemkab Sumedang merawat warisan, memanfaatkan, mengembangkan dan melindunginya dengan berbagai regulasi. Salah satunya Sumedang sudah memiliki Perda Nomor 1 tahun 2020 tentang Sumedang Puseur Budaya Sunda.  Selain itu, mengembangkan dengan kemasan kekinian termasuk di dalamnya menggunakan teknologi dan media sosial. Dengan demikian budaya lokal bisa menyumbangkan warna pada kebudayaan nasional, sekaligus global. "Kita bersyukur bisa meraih Anugerah Kebudayaan PWI. Apa yang sudah diperbuat untuk Sumedang ini ternyata berbuah anugerah," katanya. [edk]

(penerbit: sumedangkab.go.id)