SUKAMANTRI - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir bersama Dandim 0610/ Sumedang, Letkol Inf Zaenal Mustofa meresmikan rumah warga yang direhab melalui program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Program ini untuk memperingati HUT ke-75 TNI, dan HUT ke-58 Korem/TN, di Dusun Sukamulya RT 02 RW 05 Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta, Senin (5/10/2020). Rumah yang diresmikan tersebut milik pasangan suami isteri Sya'i (72) dan Dasih (65). "Saya apresiasi program rehab RTLH ini, karena termasuk dalam visi Sumedang Simpati, yakni Sumedang Sejahtera," kata Dony.

Ia berharap melalui program ini bisa memenuhi kebutuhan rumah layak huni warga Sumedang, dari sisi kesehatan, sebab menurutnya rumah yang layak huni merupakan salah satu indikator masyarakat sejahtera. "Kedepan kami akan terus membangun rumah yang layak huni secara bertahap, sehingga kebutuhan warga akan rumah yang layak bisa terpenuhi," katanya.

Dandim Letkol Inf Zaenal Mustofa mengatakan peresmian tersebut merupakan puncak kegiatan program Rehab RTLH HUT TNI dan HUT Korem Tahun 2020. "Ada 14 titik di 14 wilayah Koramil di Sumedang, untuk di titik lainnya kami lakukan peresmian secara virtual," ujarnya.

Dikatakan, HUT TNI tahun ini mengambil tema 'Sinergi Untuk Negeri'. Menurutnya, di tengah kehidupan masyarakat saat ini harus bersinergi dengan instansi lain, saling membantu, sehingga tindakan yang dilakukan bisa bermanfaat untuk masyarakat. "Kami membangun rumah tidak layak huni bekerjasama dengan Baznas Sumedang, bersinergi dengan aparat pemerintahan lainnya, unsur masyarakat, dalam upaya mensejahterakan masyarakat. Kalau kami sendiri pastinya akan sulit tercapai," katanya.

Dikatakan, rehab RTLH ditargetkan selesai dalam waktu 21 hari. Namun, berdasarkan laporan tiap Koramil, proses rehab semua rumah rata-rata sudah diatas 50 persen. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)