Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, 

Sehubungan meningkatnya jumlah kasus Covid-19, jumlah positif per Sabtu (19/9/2020) mencapai 240.687 orang, sembuh 174.350 dan meninggal 9.448. Sabtu, 19 September dalam waktu sehari kasus positif sebanyak 4.168 orang. Rekor tertinggi dalam waktu sehari.

Di Sumedang, Minggu (20/9/2020) tercatat 134 terkonfirmasi, 124 sembuh dan 4 orang meninggal. Masih dalam perawatan berjumlah 6 orang. Pasien meninggal, memiliki riwayat melakukan perjalanan ke zona merah, Jakarta.

Beberapa kabupaten tetangga seperti Bandung, Garut, dan Majalengka menunjukan pertumbuhan jumlah terkonfirmasi yang cukup signifikan.

Untuk itu saya minta kepada segenap Personil Gugus Tugas/TNI/POLRI,  Kepala SKPD, Camat, Kepala Desa dan Warga Kabupaten Sumedang untuk tetap Mewaspadai perkembangan terkini Covid-19 dan meningkatkan  disiplin dalam menjalankan dan mengarahakan pelaksanaan protokol kesehatan.

Kepada segenap Personil Gugus Tugas/TNI/POLRI, Kepala SKPD, Camat, Kepala Desa dan warga untuk tetap mewaspadai perkembangan Covid-19. Meningkatkan disiplin dalam menjalankan dan mengarahkan protokol kesehatan.

Terima kasih kepada aparat pemda/TNI/Polri/kecamatan/desa, masyarakat yang telah berjuang mencegah dan mengatasi penyebaran Covid-19. Semoga menjadi amal ibadah.

Kepala desa untuk terus mengaktifkan dan mengintensifkan Desa Siaga Corona. Mendata pendatang dari zona merah dan melakukan isolasi mandiri. Forkopimcam dan puskesmas melakukan monitoring terhadap kegiatan ini.

Warga Sumedang diharapkan menunda perjalanan ke luar kota terutama ke zona merah, seperti Jakarta, Depok, Bandung, dan juga ke wilayah yang cukup signifikan pertumbuhan covid-nya seperti Garut dan Majalengka. Kecuali sangat mendesak

Pimpinan SKPD untuk mengintensifkan kembali Satgas Covid internal maupun eksternal di lingkungan masing-masing dan di lokasi binaan SKPD. Satgas internal wajib menjaga kantor agar steril dari penyebaran Covid. Satgas eksternal memastikan di lokasi binaan SKPD agar protokol kesehatan berjalan efektif . Contoh, Disparbudpora ke tempat wisata, Diskoperindag di pasar, mal, dan pusat perbelanjaan. Disnakertrans ke kawasan industri, dll. Asda Ekbang dan Kesra mengawasi Pontren dan SKPD lainnya.

Satpol PP, terus operasi penegakan disiplin protokol kesehatan secara massif. Tindakan tegas dengan penerapan sanksi.

Camat/ Forkopimcam menjalankan patroli kewilayahan secara intensif, sosialisasi protokol kesehatan, sehingga tercipta kesadaran di masyarakat pentingnya menjaga kesehatan daripada mengobati. Beri sanksi kepada para pelanggar.

Dinkes dan RSUD, terus melakukan Testing, Tracing dan Treatment, sehingga dapat mendeteksi sebaran Covid-19 untuk melakukan kendali sejak dini.

Pastikan yang sedang melakukan isolasi mandiri, diawasi oleh dinas terkait, kecamatan, termasuk oleh Petugas Desa Siaga Corona, RT/RW, sehingga terhindar dari klaster keluarga.

Terima kasih. Semoga ALLAH SWT melindungi, memudahkan dan meridai ikhtiar kita.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Dr. H. Dony Ahmad Munir, S.T., M.M.
Bupati Sumedang
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid 19 Kabupaten Sumedang

(penerbit: sumedangkab.go.id)