SUMEDANGKAB.GO.ID, BAZNAS - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mendorong penyandang disabilitas untuk terus berkarya sekaligus mampu membuktikan bisa mandiri. Seperti pasangan Adhari (32) dan Imas Nurhayati (23), warga Panunjang, Desa Girimukti, Sumedang Utara, yang membuka usaha digital printing.

“Pasangan disabilitas ini bisa jadi contoh buat yang lainnya bahwa disabilitas juga mampu, sanggup berkarya, berusaha mandiri dan dapat penghasilan yang memadai," kata Dony, Rabu (15/7/2020).

Sejak membuka usahanya sekitar 2 tahun lalu, kini pasangan tersebut mempunyai 6 orang karyawan, yang juga penyandang disabilitas tuna rungu dan tuna wicara.

Bupati mengapresiasi karya ini. Menurutnya, karya pasangan disabilitas ini luar biasa, sangat kreatif, dan penuh dengan kemandirian. Sampai BAZNas pun mengapresiasinya dengan memberikan pelatihan khusus dan akses modalnya, sehingga bisa berusaha dengan baik.

Bupati menyebutkan pihaknya siap membantu para penyandang disabilitas agar bisa lebih mandiri lagi.

"Sehingga para penyandang disabilitas tetap semangat dengan keahliannya, terus melakukan pengembangan usaha dengan berbagai keahliannya," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut bupati didampingi Ketua BAZNas Sumedang Ayi Subhan Hafas memberi bantuan untuk pengembangan Star Digital Printing. Dengan 6 karyawan disabilitas, Star Digital Printing memiliki penghasilan sampai Rp 300 ribu per hari.

"Ini luar biasa, dimana disabilitas bisa membuka lapangan pekerjaan untuk penyandang disabilitas lainnya," ucapnya.***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)