CIMALAKA - Bupati H. Dony Ahmad Munir berkesempatan menghadiri kegiatan Malam Kebudayaan Santri yang digelar Pondok Pesantren Darul Qur'an Al-Islami Desa Cimalaka, Kecamatan Cimalaka, Sabtu (31/10/2020). 

Kegiatan digelar memperingati Hari Santri Nasional (HSN) serta peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW menampilkan kreativitas santri. Bupati sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan para santri, menurut Bupati adanya pandemi covid 19 tidak menghalangi kreativitas para santri untuk tetap berkarya melalui seni dan budaya yang akan ditampilkan. "Pandemi Covid tidak menghalangi para santri  untuk tetap berkarya dan berkreatifitas. Ini luar biasa," kata Bupati Dony.

Penyelenggaraan kegiatan malam kebudayaan santri yang murni digagas para santri ini ke depannya bisa dilaksanakan secara kontinyu menjadi kegiatan rutin 'annual' atau dilaksanakan setiap tahun. Bupati juga mengharapkan, melalui penyelenggaraan kegiatan seni dan budaya tersebut setidaknya bisa memotivasi para santri untuk terus berkarya dan berkreasi sebagai aktualisasi potensi kreatif dari para santri.

Pimpinan Pondok Pesantren Darul Qur'an Al-Islami KH. Cecep Parhan Mubarok mengatakan, kegiatan yang bertemakan "Menapaki Jejak-Jejak Nubuwah, Santri Sehat Negara Kuat"  muncul dari aspirasi para santri. Selain 'tafaqquh fid-din',  juga untuk mendalami 'tsaqofah' dalam bidang seni dan budaya yang bernafaskan Islam.
"Kegiatan ini bukan muncul dari ide saya, tetapi betul-betul 'bottom up' berupa aspirasi dari para santri untuk menampilkan kreasi seni dan budaya dari pondok pesantren Darul Quran Al-Islami," katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)