JAKARTA - Untuk penanganan relokasi warga di lokasi zona merah bencana longsor Cimanggung, Bupati H Dony Ahmad Munir mendatangi Kementerian PUPR, Selasa (9/2/2021) Rombongan bupati diterima Dirjen Perumahan, Staf Ahli Menteri PUPR, Setdirjen dan para direktur. "Kedatangan ke Kementerian PUPR untuk tindaklanjut bantuan relokasi permukiman bagi korban bencana alam longsor di Cimanggung," kata Dony, Rabu (10/2/2021).

Menurutnya, Dirjen Perumahan merespon baik dan siap membangunkan rumah untuk relokasi di tanah milik Pemda Kabupaten Sumedang, melalui program rumah instan sehat sederhana (Risha). "Pak Dirjen mengapresiasi adanya aplikasi SITABAH, Sistem Informasi Tanggap Bencana dan Musibah. SITABAH ini bisa menjadi role model," katanya. 

RISHA ada sebuah penemuan teknologi konstruksi knock down yang dapat dibangun dengan waktu cepat sehingga disebut juga sebagai teknologi instan. Dengan menggunakan bahan beton bertulang pada staruktur utamanya, Inovasi ini didasari oleh kebutuhan akan percepatan penyediaan perumahan dengan harga terjangkau dengan tetap mempertahankan kualitas bangunan sesuai dengan standar (SNI). [drs]

(penerbit: sumedangkab.go.id)