Bupati Latih Pengolahan Sampah Organik


Baca juga : Kelurahan Talun Semangat Kelola Sampah
Bupati Latih Pengolahan Sampah Organik


SUMEDANGKAB.GO.ID, LICIN - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir membuka pelatihan pengolahan sampah organik dengan model biokonversi bio soldier fly (BSF), di Dusun Ciburial Desa Licin Kecamatan Cimalaka, Sabtu (21/11/2020).

"Saya mengapresiasi kegiatan ini, inisiatif yang bagus dari Dinas LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang) bekerjasama dengan ahlinya, dengan kegiatan ini menggairahkan kembali warga Sumedang dalam pengolahan sampah," kata bupati.

Dikatakan, dengan kegiatan ini, masyarakat dituntut bagaimana mengelola sampah sejak dari rumahnya. Memisahkan sampah organik dan yang an organik, kemudian melakukan reuse, reduce, dan recycle.

"Sampah organik dikumpulkan, kemudian diolah menjadi pakan maggot untuk jadi pakan ternak yang menghasilkan sumber protein yang tinggi, selain itu juga bisa jadi pupuk untuk tanaman," ucapnya.

Dia berharap setelah pelatihan ini para peserta bisa menerapkan ilmunya di lingkungan rumah masing-masing, sehingga bisa mengatasi membantu mengatasi masalah sampah.

"Ini merupakan ikhtiar kami, apalagi kami punya kebijakan strategi daerahnya mengurangi sampah 25 persen. Dan ini akan berdampak peningkatan ekonomi juga bagi warga," ucapnya.

Kepala Dinas LHK Yosep Suhayat mengatakan, setelah pelatihan ini pihaknya akan mengawal para peserta pelatihan, agar berhasil mengelola sampah dengan cara tersebut.***(agn)


sampah, organik

Berita Terkait