PENDOPO -  Bupati Dony Ahmad Munir menyayangkan di tengah pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) masih ada yang beraktivitas di luar rumah tidak menggunakan masker dan tidak dipakai untuk menutup hidung dan mulut, hanya digantung di leher.  "Masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker, hanya sebagai pegangan tidak dipakai menutup hidung dan mulut," ujar Bupati Dony, Selasa (9/6/2020)

Bupati juga menambahkan bahwa kunci untuk mencegah penyebaran Covid-19 adalah disiplin memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.  Selain itu selalu jaga jarak hindari kerumunan dan selalu cuci tangan memakai sabun.  "Kunci mencegah penyebaran adalah disiplin, itulah protokol kesehatan yang harus kita jalankan saat ini. Kita beradaptasi kebiasan baru (AKB) dengan selalu memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan," katanya.

AKB akan terus dievaluasi seminggu sekali, dan sosialisasi harus mampu menghasilkan masyarakat yang sadar arti penting menjalankan protokol kesehatan, memunculkan kesadaran di masyarakat, agar pemerintah tidak hanya menjalankan anjuran saja untuk masyarakat.

"Penggunaan masker dan protokol kesehatan harus terus di sosialisasikan, dan outputnya menjadikan aturan yang diterapkan menjadi kebiasaan di masyarakat," ujar Bupati, saat Rapat Evaluasi AKB bersama jajaran SKPD, di pendopo IPP. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)