DINKES - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang menggelar pertemuan Koordinasi dan Advokasi Upaya Kesehatan Masyarakat terkait Penggunaan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari Rabu - Kamis (25-26/11/2020) di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor secara resmi dibuka oleh Bupati H Dony Ahmad Munir.

Kepala Dinkes Dadang Sulaeman mengatakan maksud digelarnya  kegiatan ini adalah untuk memberikan arahan dan masukan tentang kinerja di Dinas Kesehatan khususnya terkait dengan penggunaan anggaran yang diberikan pemerintah. "Peserta kegiatan adalah Kepala Puskesmas se-Kabupaten Sumedang berikut bendahara selaku pengelola BOK dan admin e-Puskesmas," jelas Dadang Kamis (26/11/2020).

Ditambahkan Dadang, Dana BOK yang diberikan Pemerintah dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja Puskesmas agar berjalan optimal. "Jadi pertemuan ini bertujuan agar teralokasikannya anggaran BOK sesuai Juklak dan Juknis serta tersusunnya kegiatan yang berorientasi hasil," katanya.

Bupati H Dony Ahmad Munir dalam arahannya meminta agar semua peserta tak bosan-bosan dalam mengadvokasi upaya kesehatan masyarakat, mulai dari promotif, preventif, kuratif sampai habitatif. "Kalau masyarakatnya sehat, maka bisa produktif, bahkan mampu meningkatkan daya saing daerah," katanya.

Bupatipun meyakini bahwa para peserta sudah memahami tugas pokok dan fungsinya masing-masing sehingga tinggal kemauan yang kuat untuk menjalankannya.
"Terkait anggaran yang diterima harus betul betul menembak Standar Pelayanan Minimal (SPM), stunting, Indikator Kinerja Utama, dan Covid-19," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, output yang dihasilkan dari pertemuan ini adalah adanya ada kesamaan gerak dan langkah, pola pikir dan pola tindak.
"Jangan sampai setelah pertemuan ini masih ada yang jalan masing-masing, tidak satu arah," katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)