RSUD - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengapresiasi pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sumedang yang meluncurkan sistem pelayanan aplikasi Koncibumi (kontrol cicing di bumi). Menurut bupati Koncibumi merupakan salah satu bentuk ikhtiar dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat. "Koncibumi ini sangat baik sekali di tengah pandemi, karena akan mengurangi interaksi dan mengurangi kegiatan yang tidak beramkna seperti menunggu antrean," katanya.

Menurut bupati, Koncibumi merupakan salah satu solusi meningkatkan pelayanan, dalam hal ini mengurangi antrean pada layanan rawat jalan. "Selama ini yang menjadi masalah di masyarakat adalah pelayanan yang belum optimal. Tantangannya adalah masyarakat menginginkan pelayanan yang lebih mudah dan singkat lagi," ujarnya.

Menurut bupati, pelayanan yang lebih cepat dan mudah bisa diwujudkan dengan memanfaatkan teknologi informasi, seperti Koncibumi. "Kalau bisa dipercepat, percepat, kalau bisa dipermudah, permudah. Karena banyak cara mempercepat pelayanan, seperti dengan memanfaatkan teknologi informasi," ujarnya.

Bupati berharap, dengan aplikasi ini menjadi motivasi bagi dinas/instansi lainnya, untuk memberikan pelayanan yang cepat dan mudah, sehingga layanan jadi prima. Apalagi Sumedang sudah mendeklarasikan diri sebagai Sumedang digital regent, sehingga pemanfaatan IT betul-betul menjadi bagian paling penting dalam meningkatkan pelayanan masyarakat. "Jangan jalan di tempat, jangan cepat puas dengan yang sudah ada, tapi harus terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)