Bupati Pantau Penyaluran Bansos Kemensos


Baca juga : Bansos Korona dari APBD Sumedang Mulai Disalurkan


KANTOR POS  - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir melakukan monitoring penyaluran BST (Bantuan Sosial Tunai) DTKS yang bersumber dari Kementerian Sosial RI di Kantor Pos Sumedang, Jumat (22/5/2020).

Bupati menargetkan semua bantuan baik DTKS dan non DTKS bagi masyarakat terdampak Covid-19 tersalurkan sebelum lebaran.   "Sebagian besar bantuan sudah dan sedang disalurkan, baik melalui kantor pos maupun di tiap desa," kata Dony.

Dikatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan desa, agar melakukan percepatan penyaluran bantuan sosial.  "H-2 lebaran, BST dari presiden melalui Kemensos, untuk yang DTKS harus sudah selesai tersalurkan semuanya," ujarnya.

Sebagian besar bantuan, kata Dony, disalurkan di desa-desa, agar memudahkan masyarakat penerima. Sementara di Kantor Pos hanya untuk warga yang domisilinya dekat Kantor Pos saja.  "Di Sumedang sendiri ada delapan pintu bantuan, baik yang DTKS maupun non DTKS. Untuk yang DTKS, bantuan dari PKH, BPNT, Banprov, itu sudah disalurkan. Tinggal BST yang sudah dan sedang disalurkan," katanya.

Sedangkan untuk non DTKS (warga yang terdampak Covid-19), bantuan dari APBD Kabupaten sudah 98 persen tersalurkan.  Kemudian untuk Banprov, BST, dan BLT dari Dana Desa semuanya sudah dan sedang disalurkan. "Kami terus berupaya agar secepatnya semua bantuan tersalurkan. Terbukti upaya kami tersebut mendapat apresiasi dari KPK dan pemerintah provinsi, karena menjadi yang paling cepat melakukan pendataan," tuturnya. (rsi)


Bansos PSBB

Berita Terkait