CISITU - Pemkab Sumedang terus memberdayakan perajin perahu asal genangan Bendungan Jatigede. Pemkab Sumedang memesan 10 unit perahu untuk di kawasan Cisema. “Pengadaan perahu ini merupakan bentuk pemberdayaan perajin perahu asal genangan Jatigede.  Pembuatan perahu ini digarap perajin asal Desa Linggajaya Kecamatan Cisitu, dan Cipondoh Desa Pawengan Kecamatan Jatinunggal," kata Bupati Dony Ahmad Munir, Minggu (20/12/20).

Sebanyak 10 perahu yang dipesan terdiri dari 5 perahu kayu dan 5 perahu fiber. Perahu ini nantinya akan digunakan di kawasan wisata Cisema, Kecamatan Darmaraja.  “Warga asal genangan beralih profesi, salah satunya menjadi perajin. Mereka membaca peluang, danau buatan itu butuh perahu untuk para nelayan, penggemar memancing," katanya.

Pembangunan tahap I kawasan wisata Cisema akan selesai akhir tahun ini. Pembangunan akan dilanjutkan pada tahap ke II tahun depan, dimana salah satunya akan dibangun wahana floating market, pasar terapung, di pesisir Cisema. "Jadi pengunjung berbelanja pakai perahu," ujarnya.

Sebelumnya, pada awal tahun 2020 lalu bupati juga memesan satu perahu kayu, ditempatkan di Empang Gedung Negara, dan sudah digunakan oleh pengunjung. "Pemerintah membantu para perajin perahu itu. Selain membeli perahu, pemerintah akan membantu perajin memperoleh sertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia), juga membantu mempromosikannya," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)