GEDUNG NEGARA - Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyebutkan sifat-sifat pemimpin yaitu jujur, amanah, dan transparan. Menurut bupat, tipe pemimpin juga dapat dilihat dari sudut pandang persoalan di masyarakat yaitu pemimpin yang sensitif, pemimpin yang responsif dan pemimpin depensif dan pimpinan opensif atau otoriter.

Hal ini disampaikan ketika bupati memberikan materi pada Latiham Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) UPI Kampus Sumedang beberapa hari lalu.

Bupati menjelaskan, tipe pemimpin yang sensitif artinya merespon persoalan di masyarakat karena pemimpin harus hadir mengatasi masalah dengan berbagai program yang akan berdampak pada pengentasan masalah. Kemudian tipe pemimpin yang responsif yaitu yang merespon apa yang rakyat usulkan. Sedangkan tipe pemimpin yang ketiga adalah pemimpin yang depensif yang selalu melakukan pembelaan bagi dirinya.

"Untuk pemimpin yang depensif ini biasanya tidak terima akan kritikan dan mencari cara untuk menjawab. Hal ini tentu kurang baik bagi seorang pemimpin," tambahnya.

Sementara tipe pemimpin yang terakhir, lanjut Bupati, adalah tipe pimpinan yang opensif atau otoriter yang menurutnya tipe terburuk dari tiga tipe pemimpin lainnya.

Menurut Bupati untuk menjadi pemimpin yang sensitif dan responsif tentu saja kita harus banyak meningkatkan kapasitas dengan banyak berlatih seperti pada kegiatan ini.***

(penerbit: sumedangkab.go.id)