SUMEDANGKAB.GO.ID,KOTA - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyerahkan bantuan rehab rumah tidak layak huni di Lingkungan Bebedahan RT 1 RW 9 Kelurahan Kota Kulon Kecamatan Sumedang Selatan, Jumat (12/2/2021). Terdapat dua keluarga terdiri dari tujuh jiwa yang menghuni rumah tidak layak huni tersebut.

"Kalau empati sudah ada, mudah-mudahan kita bergerak untuk bisa membantu rumah-rumah seperti ini (tidak layak huni)," kata bupati.

Dikatakan, pihaknya akan terus berupaya memperbaiki rumah tidak layak huni dengan berbagai program baik dari bantuan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, CSR, Baznas dan sebagainya.

Penghuni rumah, Yani Yuningsih (44) menuturkan, sudah sekitar 30 tahun rumah peninggalan orangtuanya itu tidak disentuh perbaikan.

"Terakhir diperbaiki waktu masih ada bapak saya, sekitar 30 tahun lalu," ujarnya.

Pantauan di lapangan, kondisi rumah Yani rusak parah, terutama di bagian atapnya. Bahkan bagian belakang rumah ambruk saat hujan disertai angin kencang beberapa hari lalu, selain karena kondisinya yang sudah lapuk.

Atas bantuan tersebut, Yani mengucapkan terima kasih kepada pihak pemkab, Baznas, dan semua yang terlibat. "Terima kasih kepada Pak Bupati, Baznas, tim-tim yang sudah membantu memperbaiki rumah saya," ucapnya. ***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)